Obat Analgetik


Hei .. hei ..

Cukup lama juga ya ga posting tentang kesehatan. Nah.. sekarang kita bakalan sama sama sharing tentang obat analgetik. Apa sih sebenernya obat analgetik itu??

Mungkin diantara kalian udah banyak yang tau apa itu obat analgetik. Obat analgetik itu biasa dikenal dengan obat penghilang atau setidaknya obat pengurang rasa nyeri pada tubuh. Dan ternyata dalam istilah farmakologi, obat analgetik ini dibagi kedalam dua bagian yaitu Obat Analgetik Narkotik dan Obat Analgetik Non-Narkotik.

Obat Analgetik Narkotik itu merupakan kelompok obat yang memiliki sifat opiat atau morfin. Kalian udah pada kenal kan? Meskipun obat ini memperlihatkan berbagai efek farmakodinamik yang lain, golongan obat ini terutama digunakan untuk meredakan atau menghilangkan rasa nyeri yang hebat. Meskipun terbilang ampuh, tapi ternyata golongan obat ini memiliki sifat ketergantungan pada pemakainya, makanya obat golongan ini jarang bisa kita peroleh secara bebas, dan pemakaiannya juga harus dengan resep dokter. Jadi.. obat jenis ini ga bisa dipake seenak jidat, tapi ada dosis dosis yang ga boleh diabaikan sama kita. Biasanya Obat Analgetik Narkotik ini dipakai untuk pereda nyeri yang dahsyaaat!! Seperti pada kasus patah tulang dan penyakit kanker kronis. J wuiiih… inget ya~ jangan asal pake obat ini, alih alih penghilang rasa sakit ntar malah masuk bui. Hehehehe :P

Kalau ada Obat Analgetik Narkotik, berarti ada juga dong Obat Analgetik Non-Narkotik. Golongan obat ini dalam istilah farmakologi sering dikenal dengan istilah Analgetik/analgetika/analgesik perifer. Nah.. kabar baiknya.. obat golongan ini cenderung mampu menghilangkan atau meredakan rasa sakit tanpa berpengaruh pada sistem susunan saraf pusat atau bahkan hingga efek menurunkan tingkat kesadaran. Dan obat jenis ini juga tidak memberikan efek ketagihan. Tapi bukan berarti loh obat ini punya efek teurapeutiknya kecil, kalau kita mengkonsumsinya sesuai dosis.. pasti deh ada hasilnya J

Jadi sekarang udah tau kan jenis jenis obat analgetik. Naah.. sekarang tinggal kita aja yang cermat dan tepat dalam memilih. Ingeet yaa.. sebagus bagusnya obat, kalau dipakai dengan dosis yang tidak sesuai pasti bakal jadi racun. Jadii.. choose the right one ya pal !!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s