Mengatasi Masalah Printing Jaringan


Masalah printing merupakan salah sati isu jaringan yang sering terjadi. Sebagian besar masalah yang timbul biasanya sederhana dan mudah. Namun, masalah printing tertentu bisa menguji kesabaran kita. Langkah dasar yang kita lakukan disini mungkin tidak memecahkan semua masalah printing kita, tetapi mereka bisa dijadikan sebagai titik awal. kita tidak akan pernah bisa memenghilangkan semua masalah printing dari pekerjaan sehair-hari, tapi kita bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan mereka.

  1. Definisikan Masalah
  2. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendefinisikan masalah. Banyak pernyataan bahwa “printer saya tidak bisa mencetak”. Coba tentukan apakah masalahnya berhubungan dengan hardware atau software. Tanya user apakah printer menampilkan error. Pesan error biasanya akan menjelaskan apa itu masalahnya. Jika user melaporkan bahwa printer jamming, mengeluarkan suara aneh, atau cetakannya tidak sempurna, kita bisa langsung berasumsi bahwa maslah berhubungan denga hardware. Kita mungkin belum bisa memecahkan masalah, tapi akita harus bisa focus dlam melakukannya.

  3. Cek Hardware dan Software
  4. Investigasi awal menunjukan bahwa maslah berhubungan dengan hardware, sehingga kita bisa melakukan serangkaian perbaikan fisik. Masalah hardware yang umum terjadi adlah paper jam, roler, fuser, dan catridge toner rusak atau kadaluarsa.

    Jika printer memerlukan perbaikan kecil lainnya, bawa dulu printer dan tukar dengan yang lain. Setelah menghilangkan maslah hardware pada printer, kita bisa mencari penyebab masalahnya. Nyalakan power pada printer dan printer server dan pastikan semua koneksi fisik berhubungan dengan baik

  5. Tes Koneksi Jaringan
  6. Jika print queue tidak bekerja, maka penyebabnya mungkin adalah print server atau koneksi jaringan. Jika memang demikian, coba untuk melakukan ping pada server. Respon yang baik biasanya menunjukan bahwa koneksi jaringan bekerja, tapi printer server mungkin tidak dikonfigurasi dengan benar. Jika anda tidak bisa melakukan ping print server, koneksi jaringan mngkin bermasalah.

  7. Coba Print Queue

Setelah memastikan print server bekerja dengan benar, cek print queue apakah ada print job yang tertunda. Jika ada sejumlah job yang menunggu untuk dicetak, hapus print job pertama pada antrian. Kadang-kadang user menghapus print job yang salah, dan itu membuat print queue berhenti.

Jika tidak ada print job, pastikan user sudah memilih printer yang benar. Kita juga bisa mencetak halaman tes untuk masuk ke print queue. Pada waktu troubleshooting, kita mungkin mendapatkan bahwa koneksi jaringan bagus , print server bekerja, dan printer secara fisik siap untuk mencetak. Sekarang apa lagi….?

Coba hapus printer dari workstation dan kemudian pasang lagi dengan driver baru.

Terima kasih, bila ada saran atau solusi yang lain kami sangat membutuhkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s