Beberapa Istilah Dalam Jaringan Komputer


Mungkin ini sedikit tentang istilah pada Jaringan Komputer :

  • NIC (Network Interface Card) : Sebuah card atau komponen tambahan pada sistem komputer yang disambungkan pada network dan mengatur aliran informasi dari PC (Personal Computer) ke network dan sebaliknya.
  • FTP (File Transfer Protocol) : Suatu protokol standar yang digunakan untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya atau ke sebuah web server agar flenya bisa diakses dar manapun juga.
  • DNS (Domain Name System) : Suatu sistem pengaturan yang menghubungkan jutaan network didalamnya untuk menyimpan informasi tentang nama host atau nama domain dalam bentuk basis data tersebar.
  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) : Metode standar untuk pemberian IP Address secara otomatis kepada suatu komputer pada suatu jaringan komputer yang diberikan oleh server DHCP.
  • Web Server : Komputer (perangkat keras) dengan perangkat lunak server yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk dokumen HTML (Hyper Text Markup Language) dengan cara menerima permintaan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) atau HTTPS dari klien (browser) dan mengirimkan kembali hasilnya.
  • Mail Server : Perangkat lunak yang bertugaas membagi sejumlah file atau informasi untuk memenuhi permintaan lewat E-Mail dan juga sebagai penyimpanan E-Mail.
  • Database Server : Program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan daabase dan melayani komputer atau program aplikasi basis data dengan model client-server
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s