Golongan Darah = Kanker Pankreas ????


Sekilas,kata “kanker” bisa sangat menakutkan dan banyak tidak disukai setiap orang. Tapi, ternyata penyakit yang sering menggerogoti tubuh manusia ini konon bisa disebabkan golongan darah masing masing orang. Setiap orang ternyata punya potensi mengidap kanker dan lagi-lagi hal itu disebabkan golongan darah.

Dan sekali lagi, hati hati bagi anda yang memiliki golongan darah A, B, atau AB. Mengapa? Karena sebuah penelitian dari Amerika Serikat menemukan bahwa golongan darah seseorang itu bisa memicu peningkatan resiko kanker pankreas. Nah lo? Kok bisa??

Ternyata, di Amerika sendiri penyakit ini menempati urutan keempat sebagai penyebab kematian. Dan pendeteksian penyakitnya masih tergolong susah. Sampai sampai penyakit ini sering sudah menyebar ke bagian tubuh lain sebelum terdiagnosis. Hampir ga lebih dari 5 % pasien yang dapat bertahan hidup selama 5 tahun.

Patricia Hartge, dari Divisi Epidemiologi Kanker dan Genetika, National Cancer Institute, mengetuai sebuah penelitian terhadap gen dengan melibatkan lebih dari 4.300 pasien dengan kanker pankreas dan lebih dari 4.500 orang tanpa penyakit tersebut. Dalam analisisnya dia mengemukakan bahwa orang dengan varian gen ABO yang memproduksi tipe darah A, B atau AB diasosiasikan dengan meningkatnya risiko kanker pankreatik. Lain halnya dengan orang yang bertipe darah O. Mereka tidak memiliki peningkatan risiko terhadap penyakit tersebut.

“Meskipun hal ini akan menambah beban kerja lebih, penemuan ini bisa mengarahkan pada perbaikan diagnostik dan intervensi pengobatan yang amat dibutuhkan,” ujar Hartge dalam news release yang dipublikasikan secara online pada 2 Agustus 2009 di journal Nature Genetics.
Tapi… hasil ini ga selamanya bener kok.. resiko peningkatannya bisa lebih dipicu dengan adanya riwayat keluarga yang menderita kanker, diabetes dan kebiasaan merokok. Tapi tetep loh.. yang merasa bebas dari 3 pemicu itu juga jangan jadi lalai. Semua itu bermula dari pola makan dan juga jarangnya olahraga. So.. tetep jaga kesehatan ya

Sumber : KILAS – Edisi September 2009 (Vol.9 No.2) dengan beberapa penyesuaian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s