Inheritance (Pewarisan) Pada PBO


Kali ini Diskusi Kuliah akan mencoba memberikan ilmu tentang Inheritance (Pewarisan) pada Pemrograman Berorientasi Objek, karena saya baru saja belajar tentang konsep tersebut di kuliah saya. Insyaallah dengan menyalurkan ilmu yang saya dapat di kuliah bisa lebih “mematangkan” pengetahuan saya dan tentunya bermanfaat bagi para pembaca.

Dalam ilmu computer, konsep pewarisan berasal dari bidang representasi pengetahuan. Ia mengacu pada pewarisan property dari sebuah kelas yang tingkatnya lebih tinggi ke sub-classnya, yang merupakan mekanisme dasar yang digunakan dalam klasifikasi ilmiah. Aturan menyatakan bahwa pengetahuan bisa diorganisir ke dalam hirarki berdasarkan pada hubungan kelas.

Pewarisan adalah suatu keadaan dimana suatu kelas baru mewarisi seluruh variabel atau data dan method yang dimiliki oleh kelas yang menjadi induknya (parents). Suatu kelas bisa dikatakan mewarisi sebuah kelas lain apabila kelas tersebut memliki semua variabel dan method yang dimiliki kelas induknya dan dia sendiri mememiliki variabel dan atau method sendiri yang tidak dimiliki olek kelas induk.

Biasanya untuk melakukan pengujian bahwa konsep pewarisan ini dipakai ada dengan cara menggunakan sebuah kata kunci, yaitu “IS A”, hanya saja ini berlaku pada subclass ke superclass. Contoh :

Makhluk Hidup mempunyai method bernafas, berkembang biak, bergerak

Manusia adalah Makhluk Hidup

Maka pengujiannya adalah :

Manusia IS A Makhluk Hidup (Betul/True)

Diagram dibawah ini mungkin bisa mendeskripsikan konsep pewarisan.

Inheritansi juga berinteraksi dengan enkapsulasi. Jika suatu class tertentu mengenkapsulasi sejumlah attribute, maka sub-class manapun akan memiliki attribute yang sama ditambah dengan bagian dari spesialisasinya. Ini adalah konsep kunci yang membuat kerumitan program berorientasi-objek berkembang secara linier, tidak geometris. Sub-class yang baru mencakup semua perilaku dan spesifikasi moyangnya. Sub-class tersebut tidak meiliki interaksi tak terduga dengan sebagian besar bagian program di system.

Keuntungan dari inheritance adalah :

  1. Subclass  menyediakan  state/behaviour  yang  spesifik  yang membedakannya  dengan superclass,  hal  ini  akan  memungkinkan programmer   untuk  menggunakan  ulang  source  code  dari superclass yang telah ada.
  2. Programmer  dapat  mendefinisikan  superclass  khusus  yang bersifat  generik,  yang  disebut  abstract  class,  untuk  mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara umum.

Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan :

  1. Extends
  2. Keyword  ini  harus  kita  tambahkan  pada  definisi  class  yang menjadi subclass.

  3. Superclass
  4. Superclass  digunakan  untuk  menunjukkan  hirarki  class  yang  berarti class dasar dari subclass/class anak.

  5. Subclass
  6. Subclass adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.

  7. Super

Keyword  ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.

Advertisements

One comment on “Inheritance (Pewarisan) Pada PBO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s