Tutorial Packet Tracer 2 Router (Part 2)


Menyambung dari postingan sebelumnya yaitu Tutorial Packet Tracer 2 Router (Part 1). Kali ini Diskusi Kuliah akan melanjutkan Tutorialnya, semoga saja dengan adanya part kedua ini pembaca lebih handal dalam mensimulasikan Jaringan Komputer.

  1. Untuk langkah selanjutnya kita akan menghubungkan Router dengan device yang lain secara logic. Gambar sebelumnya menyatakan bahwa Router tersebut hanya terhubung dengan Router yang lain. Untuk mengkonfigurasinya lewat IOS CLI (manual setting)dibawah ini adalah perintahnya :
  2. Diatas adalah gambar untuk konfigurasi Fast Ethernet pada Router pertama (Router kiri)
  3. Dan dibawah ini adalah gambar untuk konfigurasi Fast Ethernet pada Router kedua (Router kanan)
  4. Setelah selesai mengkonfigurasinya maka hasilnya akan seperti dibawah ini, yaitu semua device (Router, PC, Switch) sudah terhubung secara fisik maupun logic.
  5. Setelah konfigurasi diatas selesai, sekarang kita harus membuat rute agar PC 1 dan PC 2 bisa saling berkomunikasi. Pertama kita harus memberikan clock rate pada router yang tadi kita sudah pasang kabel Serial DCE pertama kalinya. Dibawah ini adalah perintahnya:
  6. Setelah itu kita akan lakukan konfigurasi Routing pertama pada Router kedua (Router kanan/ ”Router1”). Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan jalur yang bias pakai dari Router yang bersangkutan, perintahnya adalah “show ip route”.
  7. Lalu gambar dibawah ini adalah perintah untuk konfigurasi Router (Routing).
  8. Syntax : “ip route <ip network tujuan> <Subnet mask> <ip next hope>”

    Dalam kasus ini : “ip route 192.168.1.0 255.255.255.0 192.168.2.0”

  9. Lalu cek lah denga perintah “show ip route”, jika hasilnya bertambah seperti gambar diatas, maka routing telah berhasil dilakukan.
  10. Setelah langkah diatas sudah selesai, langkah terakhir adalah kita akan lakukan testing pada konfigurasi yang telah kita buat, kita akan lakukan test denga perintah “ping”. Pertama pilih tab “Desktop” lalu pilih menu “Command Prompt
  11. Lalu ketikkan perintah “ping <ip tujuan>”, dalam kasus ini ip tujuan adalah ip computer. Dan lakukan langkah ini pada computer yang lainnya.
  12. Jika hasil respon dari perintah ping seperti gambar diatas maka PC 1 dan PC 2 sudah bias saling berkomunikasi dan terhubung.
Tabel Index
Index Definisi
Routing Penetapan lintasan komunikasi antar sistem jaringan yang harus dilalui sebuah paket data / pesan IP sehingga mencapai tujuan
IOS (Internetwork Operating System) Sistem Operasi untuk Jaringan Komputer yang dikembangkan oleh CISCO
CLI (Command Line Interface) Interface antara pengguna dan komputer dengan menggunakan perintah-perintah dalam bentuk teks yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh Sistem Operasi
Advertisements

One comment on “Tutorial Packet Tracer 2 Router (Part 2)

  1. Pingback: 2010 in review « Diskusi Kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s