Sekilas Tentang Interaksi Manusia Dan Komputer


Dalam pembuatan sistem yang nantinya akan digunakan oleh user, Perancang ataupun Pembangun sistem harus dapat memahami user / pemakai sistem. untuk mempelajari hal tersebut perancang membutuhkan suatu ilmu agar sistem yang nantinya dihasilkan benar-benar terpakai (System is Delivered and Used). ilmu yang mempelajari hal tersebut adalah Interaksi Manusia Dan Komputer (IMK) / Human Computer Interaction (HCI).

ada beberapa paradigma terhadap IMK / HCI, yaitu :

  1. Galitz, mengatakan bahwa “Human-computer interaction is the study, planning, and design of how people and computers work together so that a person’s needs are satisfied in the most effective way“. Hal tersebut merefleksikan bahwa, IMK adalah suatu pembelajaran, perencanaan dan perancangan bagaimana agar komputer dan manusia bisa saling bekerja sama sesuai dengan kebutuhannya, agar kebetuhan dari manusia bisa terpenuhi engan cara yang paling efektif.
  2. Human-computer interaction is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing systems for human use and with the study of major phenomena surrounding them” (hewwet et al, 1996).  ini menggambarkan bahwa IMK adalah suatu disiplin ilmu yang mengacu kepada suatu design (perancangan), evaluasi sekaligus implementasi dari sistem yang interaktif untuk digunakan oleh manusia sehingga menjadi suatu pembelajaran di dalam lingkungannya.

Persamaan dari dua definisi diatas adalah, bahwa IMK tersebut mempunyai tujuan agar nantinya sistem yang dibangun benar-benar dapat dijadikan alat bantu untuk manusia (user) yang dapat memenuhi kebutuhannya.

Pada definisi yang kedua, terdapat kata “evaluation and implementation” ini menunjukan bahwa IMK tidak hanya sekedar membuat tampilan yang dapat dimengerti dan dipahami oleh user, tetapi juga harus dievaluasi dari sei fungsional yang nantinya akan digunakan dan diimplementasi kepada user.

Adapun syarat-syarat bagi pembangun sistem dalam merancang aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh user, yaitu :

  1. Keinginan dan harapan user, syarat ini sangat penting untuk menunjang kinerja dari user. Kita tidak bisa dan tidak boleh membuat sistem yang nantinya akan dipakai user sesuai dengan keinginan kita. Karena, biasanya apa yang diinginkan user tidak akan selalu sama dengan apa yang kita inginkan. jika hal ini terjadi, maka kemungkinan sistem yang kita bangun akan mengalami sistem yang “Delievered but not Use” ( Sistem yang sudah dibangun tetapi tidak bisa dipakai)
  2. Batasan dan kemampuan fisik dari user. Hal ini akan mempengaruhi kepada kenyamanan user pada saat menggunakan sistem yang kita bangun. Jangan sampai sistem yang kita buat akan memberikan kesulitan pada user yang menggunakannya, terutama kepada user yang memiliki keterbatasan fisik dan kemampuan.
  3. Sistem penerimaan dan pemrosesan informasi. Segala bentuk informasi yang ada dalam sistem, harus mudah dicerna dan dipahami oleh user yang menggunakannya. Jangan sampai sistem yang dibangun akan membingungkan user yang menggunakannya.
  4. Menarik dan menyenangkan user. Sistem yang dibangun disarankan yang nantinya dapat membuat user merasa betah untuk menggunakannya.

Selain harus memperhatikan faktor-faktor dari user, perancang sistem pun harus mempehatikan dari segi perangkat keras dan perangkat lunaknya itu sendiri.

Diskusi Kuliah kali ini, cukup sampai disini dulu. Selanjutnya Insyaallah Diskusi Kuliah akan mencoba men-share tulisan tentang User Interface. Semoga apa yang Diskusi Kuliah berikan dapat membantu para pembaca. Sangat kami halalkan saran dari pembaca semua. Terima Kasih.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s