Prinsip Perancangan Antarmuka WordPress


Belum lama ini saya dan teman kelompok saya diberi tugas untuk menganalisis suatu tampilan aplikasi, baik itu desktop ataupun web based. kami mulai bingung untuk menentukan suatu aplikasi tersebut, tetapi setelah dirundingkan, kami memutuskan untuk memilih WordPress. Selain untuk tugas kami, tulisan ini pun bermaksud untuk memberikan informasi tentang WordPress, dimana pada aplikasi ini terdapat beberapa kelebihan dengan tujuan agar aplikasi seperti ini khususnya WordPress bisa lebih dimanfaatkan untuk suatu Blog Engine. Inilah Prinsip-Prinsip tersebut :

  1. Prinsip User Compatibility
  2. Dalam tampilan aplikasi wordpress ini, sudah memenuhi prinsip User Compatibility. Develover membangun aplikasi wordpress dengan bahasa international, sehingga user dapat menggunakan aplikasi ini. User dari kalangan apapun dapat menggunakan aplikasi ini, user pun tidak perlu mempunyai ilmu khusus untuk menggunakannya. Sehingga tidak perlu banyak syarat bagi user untuk menggunakan aplikasi WordPress ini.

  3. Prinsip Product Compatibility
  4. Aplikasi wordpress ini juga sudah sesuai dengan fungsinya yaitu untuk membuat blog, dan juga tidak sulit bagi novice untuk memakai aplikasi ini karena sudah tersedia toolsnya. Dan bagi user yang tidak besa selalu dalam keadaan online, aplikasi ini bisa dipakai secara offline sehingga user yang tidak dapat terkoneksi dengan internet pun masih bisa untuk menggunakan aplikasi tersebut

  5. Prinsip Task Compatibilty
  6. Aplikasi wordpress ini menyajikan beberapa fitur agar user lebih mudah dan efisien  untuk mencari kebutuhan dalam membuat blog. Di halaman utama wordpress ini mempunyai fungsi – fungsi sendiri agar user bisa memenuhi tugas dan user juga tidak perlu repot untuk mencari – cari menu / toolbar dalam membuat blog.

  7. Prinsip Work Flow Compatibility
  8. Aplikasi wordpress ini telah memenuhi prinsip work flow compatibility karena fungsi telah dikelompokkan atau diorganisasikan sesuai dengan kategori masing – masing sehingga mempermudah alur kerja user.

  9. Prinsip Consistency
  10. Dari awal kemunculan wordpress sampai sekarang. wordpress masih berkecimpung pada dunia blog . Sehingga fungsionalitasnya konsisten tetap mengenai BLOG walaupun terjadi banyak fitur dan fungsionalitas yang bertambah.

  11. Prinsip Familiarity
  12. Di dalam aplikasi wordpress ini sudah terlihat familiarity karena sudah tersedia berbagai icon yang sesuai dengan fungsi masing-masing icon sehingga memudahkan dan mempercepat kerja user.

  13. Prinsip Simplicity
  14. Menurut kami aplikasi wordpress ini sudah simpel dan mudah, CMS wordpress sangat cocok untuk pengguna baru yang ingin terjun dalam dunia website, sekedar untuk belajar atau yang ingin serius. Proses pendaftarannya dan penginstalannya sangat cepat. Dengan file yang relatif kecil, pertama kali instal-nya pun tdk muncul kata error. Berbeda dengan CMS yang lainnya ketika ingin menginstallnya pasti tak luput dari pemberitahuan eror, yang terkadang kita ditutut untuk lebih jeli dalam menyeting aturan penginstallan. Aplikasi wordpress ini juga dapat mengimport data dari blog kita yang lama sehingga pemakai tidak perlu repot dalam hal pemindahan data.

  15. Prinsip Direct Manipulation
  16. Pada aplikasi ini ketika user merubah konten yang ada pada wordpress maka secara otomatis aplikasinya akan secara langsung merespon apa yang telah user lakukan ,tanpa harus mengisi / mengetikan code ( syntax ) yg diperlukan.

  17. Prinsip Control
  18. Aplikasi ini  tidak membuat user merasa dikendalikan oleh system aplikasi sehingga user tak akan merasa diperintahkan oleh system.

  19. Prinsip WYSIWYG
  20. Aplikasi WordPress ini sudah memenuhi kebutuhan banyak user dengan panel-panel yang mudah di operasikan secara fungsionalitas..Tampilan di monitor jika di cetak maka hasil cetakannya sama persis dengan tampilan di monitor.

  21. Prinsip Flexibility
  22. Tidak hanya dapat diakses di computer yang terkoneksi internet, WordPress juga sudah mendukung mobile device jadi bisa di buka di segala mobile device termasuk mobile devices yang sudah mendukung One Touch atau teknologi Touch Screen.

  23. Prinsip Responsives
  24. Prinsip ini sudah dipegang penuh oleh aplikasi blog engine ini, karena jika kita melakukan suatu aksi maka site ini akan secara cepat merespon aksi yang telah kita lakukan. Seperti pada saat menyimpan draft atau mem-publish tulisan kita, maka akan ada suatu lingkaran yang berputar yang menunjukan bahwa proses simpan dan publish sedang dalam proses, dan jika proses tersebut telah selesai maka lingkaran yang berputar tadi akan hilang, dan pada bagian atas ada link untuk melihat tulisan yang telah di publish.

  25. Prinsip Invisible Technology
  26. Sistem ini dibangun agar para pemula tidak perlu repot untuk mempelajari detail teknis dari aplikasi ini. Karena bahasa yang dipakai untuk membangun sistem ini yaitu PHP, MySQL, JavaScript, dan lain-lain tidak diperlihatkan secara gamblang pada tampilan WordPress. Secara keseluruhan user tidak akan disuguhkan dengan bahasa pemrograman tersebut, karena bisa terjadi suatu kesalahan, baik itu syntax maupun yang dapat merugikan banyak pihak.

  27. Prinsip Robustness
  28. Dalam menu Post prinsip Robustness ini sudah disediakan, yaitu system Autosave atau AutoRecovery, sehingga jika terjadicrash system ataupun lost signal (Disconnect), maka secara otomatis WordPress akan menyimpannya sebagai draft dan proses publish post akan ditunda dahulu. Yang selanjutnya adalah jika kita lupa password untuk account kita, maka pada aplikasi ini terdapat fasilitas forgot password, agar pada akhrinya kita bisa menggunakan aplikasi ini kembali.

  29. Prinsip Protection
  30. Untuk menggunakan aplikasi ini, sebelumnya kita harus mendaftar dulu, lalu jika kita sudah punya accountnya kita bisa menggunakan aplikasi ini. Sehingga data-data didalam aplikasi ini hanya bisa dikontrol dan dimodifikasi oleh “pemiliknya”. Dalam aplikasi ini user tidak perlu khawatir jika user melakukan suatu kesalahan, karena kesalah tersebut bisa diminimalisir dengan adanya fitur Undo. Sebagai contoh jika kita menginputkan isian yang salah pada fitur New Post, maka dengan menekan tombol Ctrl+Z. Lalu ada fitur Trash, yaitu fitur yang digunakan sebagai pengganti Delete. Meskipun post yang dibuat sudah kita hapus secara sengaja, tetapi post tersebut dapat di restore kembali.

    Dalam dunia web “program penjahat” (spam) selalu beraksi, pada aplikasi ini terdapat spam filter yang mencegah agar data ataupun comment yang bersifat spam tersebut tidak merusak blog milik kita.

  31. Prinsip Ease of Learning & Ease of Use
  32. Tutorial mengenai aplikasi ini sudah banyak sekali bisa kita dapatkan dengan mudah melalui internet, baik berupa textbook maupun video. Bahkan banyak sekali penulis yang menerbitkan buku khusus untuk ”mengajarkan” menggunakan aplikasi ini. Sehingga tidak perlu guru ataupun ilmu khusus untuk mempelejarinya, sekalipun kita tidak punya dasar ilmu pemrograman web, tetapi kita atau user yang awam pun mampu membuat suatu blog atau website professional.

    Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, karena pola dan letak menu-menu yang ada di aplikasi ini cukup terorganisasi, sehingga user pun tidak akan kesulitan untuk mencari menu-menu yang dibutuhkan. Dan terdapat beberapa bahasa juga yang dapat kita gunakan untuk aplikasi ini, salah satunya bahasa Indonesia. Bila kita sudah terbiasa dengan Microsoft Office, maka untuk membuat suatu posting tidak akan ada kesulitan karena ada beberapa fasilitas yang diadopsi oleh aplikasi ini.

    Itulah tadi 16 Prinsip Perancangan Antarmuka yang ada Pada WordPress, setelah membaca tulisan ini, diharapkan banyak user yang menggunakan WordPress ataupun aplikasi sejenisnya untuk ahli dalam pembuatan website, dan menjadi motivasi bagi pembaca agar nantinya mampu mengembangkan aplikasi yang inovatif yang dapat lebih bermanfaat.

    Selamat Menggunakan!!!

    Terima Kasih Kepada Renny Kurnia, Putri Wiliana, Habib Wikadiputra, Bachtiar Ramdani, dan Jajang Kusmita yang telah banyak berkontribusi untuk tulisan ini.

Advertisements

2 comments on “Prinsip Perancangan Antarmuka WordPress

  1. Pingback: 40 Orang Yang Mengubah Dunia Internet (Lanjutan) « Diskusi Kuliah

  2. Pingback: Orang – Orang Yang Mengubah Dunia Internet #2 « Articles & Archive

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s