Prinsip Perancangan Antarmuka


Melanjutkan dari postingan “Sekilas Tentang Interaksi Manusia dan Komputer”, kali ini Diskusi Kuliah akan membahas tentang Prinsip Perancangan Antarmuka. Mungkin kali ini posting akan dibagi menjadi 2 bagian, dan pada kali iniDiskusi Kuliah akan mencoba untuk menyajikan bagian pertama dahulu.

 

Ada beberapa kalimat yang dapat mendefinisikan Interface

  • Interface adalah Tampilan dari sebuah program
  • Antarmuka (Interface) adalah penghubung dan sarana interaksi antara hardware, software dan brainware.
  • Antarmuka/User Interface (UI) merupakan bagian dari komputer dan perangkat lunaknya yang dapat dilihat, didengar, disentuh, dan diajak bicara, baik secara langsung maupun dengan proses pemahaman tertentu.
  • Interface merupakan peralatan atau program yang digunakan untuk menghubungkan dua alat yang tidak sama, yaitu dengan mengubah bentuk sinyal yang lewat antara dia antara dua peralatan dalam sistem komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi.

Diantara 4 definisi diatas Diskusi Kuliah akan mencoba untuk membahas definisi ke-1 sampai ke-3, karena ini akan sangat penting bagi programmer, engineer, system analyst dan consultant untuk mengelola hubungan antara hardware, software dan brainware. User Interface yang baik adalah UI yang tidak disadari, maksudnya adalah pada saat user berhadapan atau menemui suatu sistem dia mampu menjalankan sistem itu tanpa adanya hambatan, sehingga dengan mudah mengetahui fungsi-fungsi yang ada dalam sistem tersebut.  Sebaliknya, jika interface dari suatu sistem sulit untuk digunakan oleh user, ini akan mengakibatkan user frustasi untuk menggunakannya, yang pada akhirnya, sistem yang telah dibangun dan dilengkapi dengan berbagai fungsional tidak akan terpakai.

Tidak hanya itu, UI yang baik juga memungkinkan pengguna fokus pada informasi dan task tanpa perlu mengetahui mekanisme untuk menampilkan informasi dan melakukan task tersebut. Usahakan user merasa betah dalam menggunakannya. Interface yang baik juga merupakan media untuk mengetahui kemampuan sistem dan kemampuan user. Berikut hasil penelitian terhadap suatu Interface dari suatu sistem :

  1. Pengguna bekerja 20% lebih produktif dengan layar yang sederhana.
  2. Pengguna layar yang dimodifikasi menyelesaikan transaksi 25% lebih cepat dan error berkurang 25% dari sebelumnya.
  3. Window yang didesain dengan efektif menghemat $20,000 dalam 1 tahun.
  4. Fungsi searching yang diperbaiki dapat meningkatkan success rate hingga 15% dan waktu pencarian 50% lebih cepat.

Mungkin itu posting “Prinsip Perancangan Antarmuka (Part 1)”. Selanjutnya Diskusi Kuliah akan memberikan content yang lebih mendetail untuk Prinsip Perancangan Antarmuka, Semoga content yang ada pada Diskusi Kuliah bisa bermanfaat bagi pengunjung. Comment sangat diharapkan bagi kami untuk dapat memperbaiki segala kekurangan.

Terima Kasih.

Advertisements

2 comments on “Prinsip Perancangan Antarmuka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s