Database Replication


Kali ini Diskusi Kuliah akan membahas materi Database, dengan topik Replication. Pertama kita akan sedikit me-review terlebih dahulu tentang Replication. Maksud dari gambar tersebut adalah diibaratkan dalam 1” tempat” (database), terdapat beberapa butir permen yang berwarna-warni (table dengan afield dan attribut yang berbeda”), tetapi dari tiap butiran permen tersebut disediakan beberapa permen yang sama, sehingga jika permen tersebut salah satunya hilang, maka permen tersebut akan tetap ada karena sudah ada replikasinya di tempat lain. Replikasi pun bisa diibaratkan seperti gambar dari permen tersebut. Selanjutnya, Diskusi Kuliah akan mencoba untuk membahas lebih dalam lagi mengenai topik ini.

  1. Definisi
  2. Replikasi database adalah seperangkat teknologi yang digunakan untuk menyalin dan mendistribusikan data dari satu database ke database yang lain. Dan selanjutnya, mensinkronisasikan antar database untuk menjaga konsistensi. Dengan replikasi, data dapat didistribusikan ke lokasi yang berbeda dan pengguna yang jauh melalui LAN, WAN, Dial-up Connection, wireless connections, dan internet.

  3. Kegunaan
    Membuat backup dengan menggunakan replication memungkinkan didapatkan backup yang sempurna dari suatu database MySQL yang besar dan aktif tanpa melakukan penghentian dari server yang bersangkutan. Tanpa replikasi, backup akan memperlambat sistem dan ada kemungkinan data yang tidak konsisten, karena bisa saja satu tabel berubah sementara tabel lain yang berhubungan tidak berubah dan sedang di-backup. Mematikan server akan menjamin data yang konsisten, tetapi ini berarti menghentikan layanan pada pengguna dan sangat tidak diharapkan. Kadangkala penghentian ini tidak dapat dihindarkan, tetapi penghentian setiap hari tidak dapat diterima.

Gambar diatas merupakan deskripsi untuk Replikasi Database, jadi database yang ada di komputer “Server Master” sekaligus yang diakses oleh client, dimiliki juga oleh komputer “Server Slave”. sehingga dapat menghindari kemungkinan kehilangan data yang ada pada komputer Server Master”.

Metoda alternatif replikasi MySQL menjamin backup sempurna tanpa harus menghentikan server tiap hari. Replikasi merupakan konfigurasi sistem dimana server MySQL, yang dalam hal ini dinamakan master, menyimpan data dan menangani permintaan pengguna, sementara server MySQL yang lain, yang dinamakan slave server berisi copy dari data master dan melakukan semua SQL statement yang mengubah data di master, segera setelah master melakukannya. Dengan demikian backup dapat dilakukan secara periodik, misalnya seminggu sekali, pada server slave untuk mendapatkan backup yang sempurna. Setelah backup selesai, replikasi dapat dijalankan lagi dan slave akan secara otomatis melakukan query yang dilakukan master pada saat slave dimatikan. Fitur replikasi merupakan bagian dari MySQL.

Pada umumnya replikasi mendukung ketersediaan data setiap waktu dan dimanapun diperlukan. Keuntungan lainnya adalah :

  • Memungkinkan beberapa lokasi menyimpan data yang sama. Hal ini sangat berguna pada saat lokasi-lokasi tersebut
  • Membutuhkan data yang sama atau memerlukan server yang terpisah dalam pembuatan aplikasi laporan.
  • Aplikasi transaksi online terpisah dari aplikasi pembacaan seperti proses analisis database secara online, data smarts atau data warehouse.
  • Memungkinkan otonomi yang besar. Pengguna dapat bekerja dengan meng-copy data pada saat tidak terkoneksi. Kemudian melakukan perubahan untuk dibuat database baru pada saat terkoneksi.
  • Data dapat ditampilkan seperti layaknya melihat data tersebut dengan menggunakan aplikasi berbasis Web.
  • Meningkatkan kinerja pembacaan
  • Membawa data mendekati lokasi individu atau kelompok pengguna. Hal ini akan membantu mengurangi masalah, karena modifikasi data dan pemrosesan query yang dilakukan oleh banyak pengguna karena data dapat didistribusikan melalui jaringan dan data dapat dibagi berdasarkan kebutuhan masing-masing unit atau pengguna.
  • Penggunaan replikasi sebagai bagian dari strategi standby server.

Itu tadi sedikit tentang Replikasi Database. Selanjutnya Diskusi Kuliah akan mencoba men-share tutorial bagaimana membuat suatu Replikasi Database pada MySQL. Semoga apa yang Diskusi Kuliah berikan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan pengunjung. Terima Kasih

Advertisements

7 comments on “Database Replication

    • database replikasi merupakan suatu istilah operasi dalam teknologi database, sehingga semua DBMS (Database Management System) mempunyai teknik replikasi yang berbeda….

      Untuk MySQL replication, itu merupakan bagian dari database replikasi, hanya saja dari segi operasi, query(syntax) dan teknis lainnya mungkin akan berbeda dengan teknik replikasi dari DBMS yang lainnya seperti Oracle, Paradox, SQL Server, dan DBMS lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s