Expression Pada C#


Sebelumnya, silahkan baca dulu modul variable yang disajikan oleh sdr. Guntur sebelum beranjak ke sini (disarankan) tapi bagi yang sudah tau bahkan mahir silahkan loncat ke bab selanjutnya….

Sebelumnya kita sudah belajar mengenai variable, bagaimana kita mendeklarasikan dan menginisialisasinya, sekarang waktunya kita untuk memanipulasikan mereka. C# memiliki banyak operator, seperti operator-operator pada bahasa pemograman lainya, seperti operator =. Dengan menggabungkan operator dan variable, anda telah membuat sebuah expression diskuser, mudah bukan?

Dalam bahasa pemograman, ada operator yang simple ada juga yang kompleks, bahkan anda tidak pernah menemukan operator-operator ini didalam aplikasi/fungsi matematika. yang simple anda pasti sering menggunakan yaitu tanda + (operasi dasar matematika), dimana operator + untuk menambahkan 2 buah operan, sedangkan yang kompleks memanipulasi isi variable melalui representasi binary. Ada juga operator khusus untuk menangani nilai-nilai boolean, seperti =

Disini anda akan belajar mengenai operator matematika dan tugasnya, Secara kasar operator dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori :

1. Operator Unary (yang digunakan untuk operand tunggal)

2. Operator Binary (yang digunakan untuk dua operand)

3. Operator Ternary (yang digunakan untuk tiga operand)

Masi bingung yah, belum kegambar gimana itu unary, binary dan ternary….

Kalau pada bingung penggangan aja biar ga pada jatoh, hehehe.. langsung saja cek tabel dibawah ini beserta contohnya, mudah-mudahan aja diskuser kuliah pada kebayang.

Tabel Operator Matematika

Gimana? masi pada bingung juga?

wah, wah.. baiklah saya akan jelaskan gamblangnya mengenai unary, binary, dan ternary..

1. UNARY itu memerlukan satu operand saja, yang termasuk dalam ke dalam tabel unary antara lain :

diskuser uda pada tau increment kan? itu loh operator yang menambahkan dari suatu variable dengan nilai 1. sedangkan decrement merupakan kebalikan dari increment

contoh:

int A = 7;
A = A++;
Console.WriteLine(A);
Console.ReadLine();

Ini akan menghasilkan outputan 8 karna nilai A telah ditambahkan 1 melalui increment

2. Binary itu memerlukan dua buah operand, contohnya uda ada ditabel atas tuh, yang var1 = var2+var3, klo binary uda pada tau kan! langsung aja loncat ke ternary.

contoh:

int A = 7;
int B = 1;
A = A+B;
Console.WriteLine(A);
Console.ReadLine();

Ini akan menghasilkan outputan 8 Karna 7 + 1 = 8, dan 8 akan ditimpa dan dimasukkan ke dalam variable A

3. Ternary itu memerlukan tiga buah operand, ternary itu lebih mirip kaya fungsi IF, tau kan fungsi if else bla…bla…bla.. bentuk umumnya : ekspresi ? ekspresi1 : ekspresi2

Contoh :

int a = 5;
int b = 6;
string hasil = ((a > b) ? “Betul, A lebih besar dari B” : “Salah, A lebih kecil dari B”);
Console.WriteLine(“{0} > {1} = {2}”, a, b, hasil);
Console.ReadLine();

Ini akan menghasilkan outputan 5 > 6 = Salah, A lebih kecil dari B

Advertisements

One comment on “Expression Pada C#

  1. Pingback: Petualangan C# — Variable « Diskusi Kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s