Memulai OpenGL menggunakan DevC++


Logo DevC++Sebelumnya Diskusi Kuliah mencoba untuk membuat tutorial Instalasi OpenGL pada DevC++, kali ini Diskusi Kuliah akan mencoba untuk memulai sedikit tentang pemrograman Grafik pada OpenGL menggunakan DevC++. Sebenarnya banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk membuat suatu grafik ataupun”bergelut” dengan coding dengan basis grafik yang tentunya menggunakan OpenGL. Untuk kali ini Diskusi Kuliah hanya memberikan sedikit gambaran mengenai Pemrograman Grafik menggunakan OpenGL pada DevC++, dan ini secara default sudah tersedia (disediakan oleh Library OpenGL). Kita langsung saja pada tutorialnya.

  1. pertama, kita harus membuat dulu suatu project yang nantinya mamu menyimpan code OpenGL yang akan dibuat. Klik File –> New –> Project..
    Membuat Project baru
  2. Setelah itu, pada window New Project , klik tab Multimedia dan pilih OpenGL. Untuk bahasa pemrograman, Diskusi Kuliah disini menggunakan C++, anda juga bisa menggunakan bahasa pemrograman C.
    OpenGL Files
  3. Lalu klik OK, maka akan muncul suatu project yang sudah terisi dengan berbagai syntax program dari OpenGL. OpenGL, header yang dipakai adalah windows.h dan gl.h yang ada pada folder gl
    header OpenGL
  4. Disini juga kita bisa mengatur ulang atau mengatur ukuran window yang akan menampilkan hasil eksekusi dari program yang telah dibuat.
  5. Lalu, jika kita akan merubah atau menambahkan source code dan bereksperimen menggunakan OpenGL, kita hanya perlu mengubahnya pada bagian didalam /* OpenGl animation code goes here */. Pada badan Program inilah yang kita gunakan untuk mencoba pemograman grafik pada OpenGl dengan builder DevC++. Sebenarnya, jika kita Compile & Run (F9), program yang tadi kita buat sudah akan menampilkan contoh pemrograman grafik berupa gambar segitiga berwarna yang berputar, dan syntax untuk melakukan hal tersebut berada pada bagian program ini..
    Badan Program
  6. Satu lagi, jika kita akan programming secara lebih lanjut (advance), perlu menggunakan linker yang lebih, kita dapat menambahkannya pada DevC++, dengan cara klik menu Project –> Project Options –> Parameter, lalu isi linker pada kolom Linker.
    Linker

Itulah dasar untuk memulai pemrograman grafik menggunakan OpenGL, semoga apa yang Diskusi Kuliah berikan akan menjadikan hasil yang baik untuk para pembaca sekalian. untuk Instalasi OpenGL pada DevC++ anda bisa ikuti petunjuknya pada artikel Instalasi OpenGL pada DevC++.

Terima Kasih

Advertisements

5 comments on “Memulai OpenGL menggunakan DevC++

  1. Pingback: Instalasi OpenGL pada DevC++ « Diskusi Kuliah

  2. Pingback: Kuliah Umum Xanana Diwarnai “Teror” Kardus | Berita Headline Terbaru | Harian-Berita.com

  3. Pingback: Transformasi Pada OpenGL « Diskusi Kuliah

  4. terima kasih mas, semua artikelnya tentang openGL sangat membantu saya sbg pemula. kalau boleh, saya ingin meminta source code untuk membuat gambar 3D menggunakan openGL. tolong kirimkan ke email ya mas. terima kasih 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s